Menjalani PPL II di SMA Karya Pangka Raya

Hai, guys.. Sekarang aku udah semester 7, lhooo... . Akhirnya, satu semester lagi. Semoga bisa cepat wisuda sesuati target yang direncanain. Amin .

Kayak yang udah aku ceritain sebelumnya, aku kuliah ngambil jurusan FKIP, program studi Matematika. Ada senang, ada dukanya. Senang? Ya layaknya sekolah, kita bisa ketemu teman-teman, ngumpul bareng, ngobrol, main, asik rame-rame. Duka? Namanya juga matematika gitu.. Angkaaaaa mulu . Just kidding..

Kadang ada saatnya aku ngerasa putus asa ngejalaninnya . Ini bukan karena "Matematika"-nya. Tapi, mungkin, lebih ke rutinitas sehari-hari yang melelahkan. Aku rasa ga cuma matematika. Mereka yang ngambil studi lain juga pasti pernah ngerasa kesulitan ngejalanin masa-masa kuliah. Waktu aku masih SMA, kakak sepupuku yang udah kuliah selalu bilang, "enak yang udah kuliah ni, santai..". Gara-gara omongan itu, aku selalu mikir, pasti kuliah ga secapek sekolah yang harus masuk 6 hari dalam seminggu. Tapi ternyata aku tertipu ! Kuliah itu lebih melelahkan. Meskipun ga selalu .

Baru-baru ini aku ngejalanin mata kuliah PPL II. PPL itu adalah Praktik Lapangan Kerja. Jadi, kami disuruh menjalankan kewajiban guru di sekolah yang sudah ditentukan, kayak ngajar, piket, wajib ikut upacara, dll.

Sekolah tempat aku PPL, namanya SMA Karya. Itu SMA swasta yang baru aja diresmikan. Makanya waktu tahu kalau aku bakal PPL di situ, aku benar-benar blank & ga tau itu sekolah apa. Setelah datang ke sekolah itu, ternyata sekolahnya kecil, ruang belajar cuma ada 5, dan muridnya juga ga banyak.

Jadi, waktu PPL, yang dari prodi (*meaning: program studi) Matematika itu ada 3 orang dan kita bagi tugas. Ada yang ngajar di Kelas X, Kelas XI IPA, atau Kelas XI IPS. Kebetulan aku dapat tugas di Kelas XI IPS. Ada enak dan enggak -nya selama ngajar mereka. Enaknya? Karena materi Matematika yang diajarin lebih sedikit dan nggak terlalu mendalam, soalnya mereka IPS. Nggak enaknya? Mereka itu susah diatur . Nggak memperhatikan, ngobrol sendiri, ada yang tidur, ada yang diam aja (*ribut nggak, memperhatikan jg nggak), izin ke WC terus (*ntah ngapain). Pokok stres. Lalu timbulah jerawat-jerawat di mukaku .

Tapi nggak semuanya sesat sih. Ada juga yang pinter, suka memperhatikan & mau berusaha buat paham. Dan aku paling suka sama siswa yang mau berusaha. Nggak bisa, tapi mau belajar. Itu benar-benar bagus . Aku rasa, orang yang kayak gitulah yang nantinya bakal sukses.

Meskipun kesulitan mengajari siswa-siswa di sana, tapi aku senang bisa kenal dengan mereka. Mereka sudah kayak teman. Dan menyenangkan ada di sana (*kecuali hal-hal tertentu ).

Selama kurang lebih 3 bulan kami PPL di SMA Karya. Banyak hal terjadi. Yang jelas kami belajar banyak hal dan sangat dibantu di sana. Thank you so much, SMA Karya .



Materi yg aku ajar di SMA Karya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar, saran, kritik,,, please do. (^0^)~*